Nomor: Diberikan kepada: {first_name} {last_name} Telah mengikuti: PELATIHAN {course_name} Tanggal: {current_date} SPK IDI: SKP IBI: Direktur Kesehatan Keluarga dr. Erna Mulati, M.Sc., CMFM
Nomor: Diberikan kepada: {first_name} {last_name} Telah mengikuti: PELATIHAN {course_name} Tanggal: {current_date} SPK IDI: SKP IBI: Direktur Kesehatan Keluarga dr. Erna Mulati, M.Sc., CMFM
Halaman ini bertujuan untuk membantu memenuhi ringkasan pelayanan esensial anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Kolom berwarna kuning tua diisi oleh ibu/keluarga dengan menulis tanggal dan tempat pelayanan. Kolom kuning muda diisi oleh tenaga kesehatan dengan membubuhkan paraf dan menulis jenis pelayanan yang diberikan termasuk jenis vaksin. Usahakan jangan ada kesalahan saat pengisian sesuai dengan pelayanan kesehatan anak yang diberikan, tanyakan kepada tenaga kesehatan untuk memastikan nama tempat pelayanan.
Ibu menulis tanggal, tempat pelayanan; tenaga kesehatan membubuhkan paraf sesuai jenis pelayanan
* tenaga kesehatan juga menulis jenis vaksin yang diberikan
Halaman ini bertujuan untuk menuliskan hasil pemantauan perkembangan dan pelayanan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK). Untuk kolom warna kuning, pemantauan perkembangan dengan menggunakan Buku KIA dilakukan, diisi oleh orangtua dan keluarga, dibantu oleh kader sesuai kelompok umur anak. Hasil pemantauan pada halaman 42, 43, 44,45, 46, 47, 48, 49, 51, 52, dan 53 ditulis dalam kolom hasil lengkap atau tidak lengkap. Untuk pelayanan SDIDTK yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan mengisikan hasil pemantauan pertumbuhan dan perkembangan sesuai kelompok umur anak.
Halaman ini bertujuan untuk memberikan informasi perawatan anak usia 4-5 tahun. Tenaga kesehatan atau kader memberi penjelasan terkait pesan-pesan yang disampaikan dibawah ini. Tenaga kesehatan atau kader mengingatkan ibu, suami, keluarga/pengasuh anak untuk membaca pesan-pesan tersebut dirumah, menerapkan pesan tersebut, dan dapat menanyakan ke tenaga kesehatan apabila ada informasi yang tidak dipahami.
Tenaga kesehatan/ kader mengingatkan kepada ibu, suami, keluarga/pengasuh anak agar melakukan pemantauan perkembangan anak dengan mengisi checklist perkembangan serta memberi penjelasan cara mengisinya. Checklist perkembangan di bawah ini digunakan untuk pemantauan perkembangan anak usia 48-59 bulan.
Bagi anak berusia lebih dari 4 tahun, bila sudah melengkapi ceklist perkembangan 3-4 tahun, lanjutkan pemberian stimulasi sesuai usia 3-4 tahun. Anak diberikan kesempatan melengkapi ceklist perkembangan 3-4 tahun di bawah ini hingga anak berusia 4 tahun.
Bila salah 1 atau lebih anak tidak dapat melakukan tahapan perkembangan sesuai umurnya, maka dicurigai perkembangan bayi tidak sesuai. Dalam hasil demikian, kader mengingatkan agar ibu,suami, keluarga/pengasuh anak melakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Tenaga Kesehatan/ kader mengajarkan kepada ibu, suami, keluarga, pengasuh anak tentang pelayanan kesehatan apa saja yang didapat di Posyandu/ Puskesmas/ Fasilitas Kesehatan. Ibu/ suami/ keluarga memberikan tanda ceklis (√) pada kotak yang telah disediakan bila tenaga kesehatan/ kader sudah memberikan informasi ini.
Pemantauan Pertumbuhan
Pemantauan Perkembangan
Melakukan pemantauan perkembangan setiap 6 bulan pada usia 48 bulan, 54 bulan dan 60 bulan dengan ceklis perkembangan sesuai umur (dalam Buku KIA halaman 51 dan 52).
bagi anak berusia lebih dari 4 tahun bila sudah melengkapi ceklis perkembangan 3-4 tahun, lanjutkan pemberian stimulasi sesuai usia 4-5tahun. Anak diberikan kesempatan melengkapi ceklist perkembangan 4-5 tahun di bawah ini hingga anak berusia 5 tahun
Kapsul vitamin A
Kapsul Vitamin A merah IU pada bulan Februari dan Agustus
Manfaat Vitamin A
Pemberian obat cacing
Diberikan 1 tahun sekali
Pemantauan Pertumbuhan
Pemantauan Perkembangan
Melakukan pemantauan perkembangan setiap 6 bulan pada usia 36 bulan ,42 bulan, dan 48 bulan dengan ceklis perkembangan sesuai umur (dalam Buku KIA halaman 51 ).
Bagi anak berusia lebih dari 3 tahun bila sudah melengkapi ceklis perkembangan 2-3 tahun, lanjutkan pemberian stimulasi sesuai usia 3-4 tahun. Anak diberikan kesempatan melengkapi ceklist perkembangan 3-4 tahun di bawah ini hingga anak berusia 4 tahun
Kapsul vitamin A
Kapsul Vitamin A merah IU pada bulan Februari dan Agustus
Manfaat Vitamin A
Pemberian obat cacing
Diberikan 1 tahun sekali
Kelas ibu balita
Pemantauan Pertumbuhan
Pemantauan Perkembangan
Melakukan pemantauan perkembangan setiap 6 bulan pada usia 60bulan ,66 bulan, dan 72 bulan dengan ceklis perkembangan sesuai umur (dalam Buku KIA halaman 53 )
Bagi anak berusia lebih dari 5 tahun bila sudah melengkapi ceklis perkembangan 4-5 tahun, lanjutkan pemberian stimulasi sesuai usia 5-6 tahun. Anak diberikan kesempatan melengkapi ceklist perkembangan 5-6 tahun di bawah ini hingga anak berusia 6 tahun.
Kapsul vitamin A
Kapsul Vitamin A merah IU pada bulan Februari dan Agustus
Manfaat Vitamin A
Pemberian obat cacing
Diberikan 1 tahun sekali
Kelas ibu balita
Halaman ini bertujuan untuk membantu memenuhi ringkasan pelayanan esensial anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Kolom berwarna kuning tua diisi oleh ibu/keluarga dengan menulis tanggal dan tempat pelayanan. Kolom kuning muda diisi oleh tenaga kesehatan dengan membubuhkan paraf dan menulis jenis pelayanan yang diberikan termasuk jenis vaksin. Usahakan jangan ada kesalahan saat pengisian sesuai dengan pelayanan kesehatan anak yang diberikan, tanyakan kepada tenaga kesehatan untuk memastikan nama tempat pelayanan.
Ibu menulis tanggal, tempat pelayanan; tenaga kesehatan membubuhkan paraf sesuai jenis pelayanan
* tenaga kesehatan juga menulis jenis vaksin yang diberikan
Halaman ini bertujuan untuk menuliskan hasil pemantauan perkembangan dan pelayanan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK). Untuk kolom warna kuning, pemantauan perkembangan dengan menggunakan Buku KIA dilakukan, diisi oleh orangtua dan keluarga, dibantu oleh kader sesuai kelompok umur anak. Hasil pemantauan pada halaman 42, 43, 44,45, 46, 47, 48, 49, 51, 52, dan 53 ditulis dalam kolom hasil lengkap atau tidak lengkap. Untuk pelayanan SDIDTK yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan mengisikan hasil pemantauan pertumbuhan dan perkembangan sesuai kelompok umur anak.
Halaman ini bertujuan untuk memberikan informasi perawatan anak usia 3-4 tahun. Tenaga kesehatan atau kader memberi penjelasan terkait pesan-pesan yang disampaikan dibawah ini. Tenaga kesehatan atau kader mengingatkan ibu, suami, keluarga/pengasuh anak untuk membaca pesan-pesan tersebut dirumah, menerapkan pesan tersebut, dan dapat menanyakan ke tenaga kesehatan apabila ada informasi yang tidak dipahami.
Tenaga kesehatan/ kader mengingatkan kepada ibu, suami, keluarga/pengasuh anak agar melakukan pemantauan perkembangan anak dengan mengisi checklist perkembangan serta memberi penjelasan cara mengisinya. Checklist perkembangan di bawah ini digunakan untuk pemantauan perkembangan anak usia 36-47 bulan.
Bagi anak berusia lebih dari 3 tahun, bila sudah melengkapi ceklist perkembangan 2-3 tahun, lanjutkan pemberian stimulasi sesuai usia 3-4 tahun. Anak diberikan kesempatan melengkapi ceklist perkembangan 3-4 tahun di bawah ini hingga anak berusia 4 tahun.
Bila salah 1 atau lebih anak tidak dapat melakukan tahapan perkembangan sesuai umurnya, maka dicurigai perkembangan bayi tidak sesuai. Dalam hasil demikian, kader mengingatkan agar ibu,suami, keluarga/pengasuh anak melakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Tenaga Kesehatan/ kader mengajarkan kepada ibu, suami, keluarga, pengasuh anak tentang pelayanan kesehatan apa saja yang didapat di Posyandu/ Puskesmas/ Fasilitas Kesehatan. Ibu/ suami/ keluarga memberikan tanda ceklis (√) pada kotak yang telah disediakan bila tenaga kesehatan/ kader sudah memberikan informasi ini.
Halaman ini bertujuan untuk membantu memenuhi ringkasan pelayanan esensial anak sejak lahir hingga usia 6 tahun. Kolom berwarna kuning tua diisi oleh ibu/ keluarga dengan menulis tanggal dan tempat pelayanan. Kolom kuning muda diisi oleh tenaga kesehatan dengan membubuhkan paraf dan menulis jenis pelayanan yang diberikan termasuk jenis vaksin. Usahakan jangan ada kesalahan saat pengisian sesuai dengan pelayanan kesehatan anak yang diberikan, tanyakan kepada tenaga kesehatan untuk memastikan nama tempat pelayanan.
Ibu menulis tanggal, tempat pelayanan; tenaga kesehatan membubuhkan paraf sesuai jenis pelayanan
* tenaga kesehatan juga menulis jenis vaksin yang diberikan
Halaman ini bertujuan untuk menuliskan hasil pemantauan perkembangan dan pelayanan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK). Untuk kolom warna kuning, pemantauan perkembangan dengan menggunakan Buku KIA dilakukan, diisi oleh orangtua dan keluarga, dibantu oleh kader sesuai kelompok umur anak. Hasil pemantauan pada halaman 42, 43, 44,45, 46, 47, 48, 49, 51, 52, dan 53 ditulis dalam kolom hasil lengkap atau tidak lengkap. Untuk pelayanan SDIDTK yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan mengisikan hasil pemantauan pertumbuhan dan perkembangan sesuai kelompok umur anak.
Halaman ini bertujuan untuk memberikan informasi perawatan anak usia 5-6 tahun. Tenaga kesehatan atau kader memberi penjelasan terkait pesan-pesan yang disampaikan dibawah ini. Tenaga kesehatan atau kader mengingatkan ibu, suami, keluarga/pengasuh anak untuk membaca pesan-pesan tersebut dirumah, menerapkan pesan tersebut, dan dapat menanyakan ke tenaga kesehatan apabila ada informasi yang tidak dipahami.
Tenaga kesehatan/ kader mengingatkan kepada ibu, suami, keluarga/pengasuh anak agar melakukan pemantauan perkembangan anak dengan mengisi checklist perkembangan serta memberi penjelasan cara mengisinya. Checklist perkembangan di bawah ini digunakan untuk pemantauan perkembangan anak usia 60-71 bulan.
Bagi anak berusia lebih dari 5 tahun, bila sudah melengkapi ceklist perkembangan 4-5 tahun, lanjutkan pemberian stimulasi sesuai usia 5-6 tahun. Anak diberikan kesempatan melengkapi ceklist perkembangan 5-6 tahun di bawah ini hingga anak berusia 6 tahun.
Setiap saat lakukan stimulasi sesuai usia anak dalam suasana menyenangkan, baik oleh orang tua maupun anggota keluarga.
Stimulasi anak pada rentang usia 3-4 tahun dengan:
1. Menyebutkan nama benda, sifat, guna benda | 7. Menyusun balok atau puzzle, menggambar, menempel |
2. Bacakan cerita, tanya jawab | 8. Mengelompokkan benda sejenis |
3. Anak diminta bercerita pengalaman | 9. Mencocokkan gambar dan benda |
4. Menonton TV didampingi, menyanyi | 10. Menghitung |
5. Cuci tangan, cebok, berpakaian, rapikan mainan | 11. Melempar, menangkap, |
6. Makan dengan sendok garpu | 12. Berlari, melompat, memanjat, merayap |
Stimulasi perkembangan untuk anak usia 3-4 tahun dapat dilihat pada video berikut.
Yuk tonton videonya…
Setiap saat lakukan stimulasi sesuai usia anak dalam suasana menyenangkan, baik oleh orang tua maupun anggota keluarga.
Stimulasi anak pada rentang usia 5-6 tahun dengan:
1. Mengenal nama, fungsi benda-benda | ![]() |
8. Mengingat, menghafal, mengerti aturan, urutan |
2. Bacakan buku, tanya jawab, bercerita | 9. Membandingkan besar kecil, banyak sedikit | |
3. Menonton TV didampingi maksimal 1 jam, menyanyi | 10. Menghitung, konsep satu dan setengah | |
4. Cuci tangan, cebok, berpakaian, rapikan mainan | 11. Mengenal angka, huruf, simbol, jam, hari, tanggal | |
5. Makan dengan sendok garpu, masak-masakan | 12. Melempar, menangkap, berlari, melompat | |
6. Menggunting, menempel, menjahit, | 13. Memanjat, merayap, sepeda roda 3, ayunan | |
7. Menyusun balok, memasang puzzle, menggambar, mewarna, menulis nama | 14. “berjualan”, “bertukang”, mengukur |
Stimulasi perkembangan untuk anak usia 5-6 tahun dapat dilihat pada video berikut.
Yuk tonton videonya…
Time is Up!
Time is Up!
Penuhi gizi balita dengan makanan keluarga yang bervariasi terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, minyak, sayur dan buah.
Kebutuhan cairan anak:
Biasakan mencuci tangan
Perawatan gigi anak anda
Setiap saat lakukan stimulasi sesuai usia anak dalam suasana menyenangkan,
baik oleh orang tua maupun anggota keluarga.
Stimulasi anak pada rentang usia 4-5 tahun dengan:
1. Bermain peran, anak diminta bercerita pengalaman | 5. Kenalkan nama-nama hari |
2. Menggambar orang, mengenal huruf | 6. Menyebut angka berurutan |
3. Main bola, lompat tali | 7. Mengajak anak sikat gigi bersama dan melatih sikat gigi sendiri |
4. Latih untuk dapat mengikuti aturan permainan | 8. Melatih memakai pakaian sendiri |
9. Menguatkan kepercayaan diri anak |
Stimulasi perkembangan untuk anak usia 4-5 tahun dapat dilihat pada video berikut.
Yuk tonton videonya…
Time is Up!